5 Obat Alami Untuk Haid Tidak Lancar


Haid, datang bulan, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah keadaan yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan.

Siklus haid yang normal umumnya adalah 28-35 hari. Tapi nyatanya hal ini tidak terjadi pada semua perempuan.  Ada juga yang mengalami haid tidak lancar, kadang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Bermacam-macam penyebab atau alasan bisa terjadi sehingga perempuan memiliki haid yang tidak teratur. Seperti stress berkepanjangan, efek samping obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini, ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar. Berikut ulasannya!

Obat Alami Pelancar Haid

  • Tomat
Tomat adalah salah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu khasiat baiknya, yaitu mampu mengobati amenore dan mengatasi haid tidak lancar. Anda bisa mengonsumsi olahan dari tomat dalam bentuk jus atau sup secara teratur setiap hari guna mendapatkan hasil yang optimal.

  • Wortel
Wortel memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

  • Kunyit
Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Sering kita temui bahwa jamu tradisional terbuat dari kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

  • Daun pepaya
Meski sebagian orang tidak suka karena rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium. 

Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah meminum air rebusannya. Yang Anda perlukan adalah merebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas saja. Minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.

  • Jahe
Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami. Rajinlah meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

Tak hanya sampai disitu juga, sebaiknya imbangi dengan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga. Namun juga Anda perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang.

Jika Anda sudah mencoba obat alami sebagai pelancar haid dan beberapa hal seperti yang dianjurkan sebelumnya tidak mempan juga, segera periksakan ke dokter.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :







0 komentar:

Posting Komentar