Ciri Penyakit Malaria Pada Anak & Dewasa Yang Sering Muncul


Agar tidak menimbulkan penyakit yang serius. Sebaiknya kita kenali ciri dan gejala penyakit malaria, supaya kita bisa mencegahnya sejak dini. Berikut ulasanya.

gejala-penyakit-malaria

Malaria merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles sundaicus. Jenis nyamuk ini akan menyebabkan seseorang terkena infeksi parasit pada darah. Sehingga kalau tidak ditangani dengan tepat bisa membahayakan nyawa penderita. Penyakit ini tidak menular seperti halnya DBD namun, akan menular pada penderita lain jika melakukan kontak darah, seperti donor, atau transfusi darah dengan seseorang yang memiliki penyakit malaria.

Penyakit malaria biasanya akan menimbulkan ciri dan gejala ketika nyamuk Anopheles sundaicus paling cepat ketika sudah 10 hingga 15 hari bahkan setahun pasca gigitan. Penyakit ini bisa dikenali dengan secara kasat mata. Namun untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan lab Supaya bisa dideteksi secara akurat. Biasanya gejala ataupun ciri yang bisa kita lihat secara kasat mata yakni sebagai berikut :

  1. Demam pada kurun waktu yang lama

    Jika anda mengalami demam berkepanjangan yang sedang hingga tinggi bahkan sampai sampai di atas 380C Maka perlu hati-hati, karena demam tersebut sangat sukar untuk sembuh walau sudah diberikan antibiotic. Bila pasien yang tidak kuat maka, bisa mengalami kejang dan mengigau. Jadi anda harus mewaspadai jika terkena penyakit demam.

  2. Adanya bintik merah pada kulit

    Selain demam tinggi biasanya penderita malaria akan diikuti dengan munculnya bintik merah yang berada di sekujur tubuh merupakan salah satu ciri-ciri penyakit malaria. Bintik merah ini tidak bisa hilang ketika menderita penyakit ini. Biasanya pada anak-anak warnanya agak merah muda.

  3. Sekujur Tubuh Terasa sakit dan pegal

    Sakit pada sekujur tubuh lebih mengarah pada pegal yang sangat luar biasa dan nyeri pada perut. Sehingga tubuh tidak mampu melakukan aktivitas lainnya.

  4. Kepala pusing dan mual

    Biasanya efek lain yang muncul ketika malaria sudah menjangkit yakni, kepala terasa pusing dan diikuti rasa mual yang sangat hebat.

  5. Dada Terasa Sesak

    Terkadang jika penderita malaria mengalami demam yang cukup tinggi akan mengalami gangguan di saluran pernafasannya karena dadanya nyeri dan berat seperti sedang tertekan benda yang berat. Akibatnya dada akan terasa sesak dan berat ketika bernafas.
Itulah beberapa gejala dan ciri penyakit malaria yang sering muncul, sebaiknya jika anda mengalami hal tersebut. Cepat-cepat segera periksa ke dokter, supaya penyakit malaria yang berbahaya ini bisa ditangani dengan segera.


Baca Juga Artikel Lainya:

0 komentar:

Posting Komentar