Bahaya Kista Ovarium Yang Tidak Di Tangani Dengan Tepat

Sebelum anda menyesal karena tidak mengobati kista ovarium, sebaiknya ketahui resiko dan bahaya kista ovarium yang dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat.


Inilah Bahaya Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan tumor jinak yang bisa menjadi ganas, kista ini adalah kantung kecil berisi cairan yang berada di dalam rahim seorang wanita.  Organ ini merupakan alat reproduksi wanita yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause).

Penyebab Kista Ovarium Tumbuh

Normalnya, Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium) yang terletak pada kedua sisi rahim. Pada saat menstruasi biasanya kista akan tumbuh dan membesar pada salah satu sisi indung telur, tapi akan hilang dengan sendirinya. Kista jenis ini merupakan siklus menstruasi, , Jenis kista ini di sebut dengan kista fungsional yang tergolong umum terjadi ini tidak berbahaya.

Namun, tidak untuk kista patologis, kista jenis ini mudah membesar dan sulit untuk dihilangkan. Karena di tumbuhi sel-sel abnormal yang dapat merusak jaringan tubuh, walaupun jarang terjadi sel abnormal tersebut dapat bersifat kanker.

Lantas, Seberapa Bahayakah Kista Ovarium ?

Sebetulnya untuk kista fungsional yang tubuh ketika datang bulan, itu tak masalah. Namun bagi anda yang terkena kista patologis, sebaiknya waspada dan hati-hati. Biasanya kista jenis ini akan semakin membesar dan menyebabkan rasa sakit yang terus menerus.

Kista jenis ini sangat berpotensi ditumbuhi sel kanker, maka tak heran banyak yang melakukan tindakan operasi untuk mengangkat indung telur yang terkena kista. Adapun ciri ciri kista patologis yang berbahaya sebagai berikut :


Gejala Kista Ovarium Yang Berbahaya
  • Perut kembung
  • Sering buang air kecil
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Sakit disertai demam atau muntah
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit
  • Nyeri saat buang air besar
  • Nyeri panggul
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual
Biasanya gejala tersebut dirasakan ketika kista telah membesar, pecah, atau menutupi suplai darah ke ovarium.

Selain itu, kista ovarium yang dibiarkan dan tanpa pengobatan, sangat berpotensi menyebabkan kemandulan/menopouse, diakibatkan sel indung telur yang rusak akibat kista. Jadi sebelum terlambat, kami sarankan untuk mengobati kista tersebut walaupun masih kecil.

Baca Juga lainnya : 

0 komentar:

Posting Komentar