Pantangan Dan Makanan Yang Dilarang Penderita Amandel

Amandel yang tidak kunjung sembuh bisa jadi dikarenakan anda kurang memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Sehingga sangat penting untuk mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari saat terkena penyakit amandel.

Pantangan Penderita Amandel

Radang amandel dapat terjadi pada siapa saja, baik pada anak atau dewasa. Amandel sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk menyaring kuman, bakteri atau virus yang masuk melalui hidung dan mulut.

Jika terkena infeksi dengan sendirinya amandel akan membengkak.

Sering mengalami sakit tenggorokan dan kesulitan menelan makanan merupakan gejala umum penyakit amandel. Selain itu, biasanya dibarengi dengan sakit kepada, demam, bau mulut, leher kaku dan lainnya.

Agar radang amandel tidak semakin membesar,sebaiknya anda bisa menghindari pantangan makanan yang dilarang untuk penderita amandel.Di usahakan agar selalu cuci tangan hendak sebelum dan sesudah makan, agar makanan yang masuk selalu higienis terbebas dari kuman/bakteri yang menjadi penyebab pembengkakan amandel.

Selalu hindari makanan yang pedas, asam, makanan yang berminyak dan minuman dingin agar pembengkakan amandel tidak semakin parah yang mengharuskan untuk di operasi.

Makanan Yang Dilarang Penderita Amandel

Beberapa Pantangan Untuk Penyakit Amandel 

  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas.
  • Hindari minuman dingin atau air es.
  • Kurangi makanan berminyak.
  • Jauhkan dari asap rokok.
  • Jangan terlalu banyak makan goreng-gorengan.
  • Hindari minuman bersoda.
  • Makanan instan.
  • Kurangi makanan mengandung micin berlebih.
  • Hindari minuman beralkohol.
Untuk sementara waktu selama amandel belum disembuhkan sebaiknya kurangi makanan yang dilarang untuk penderita amandel, agar kondisi tidak semakin parah. Sebaiknya segera melakukan penanganan sebelum semakin membengkan dan dokter menyarankan untuk dioperasi.

Kebanyakan penyakit amandel terjadi pada anak-anak, hal tersebut dipengaruhi karena mereka masih memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan juga sering jajan makanan dimana saja. Untuk itu sebagai orang tua kita harus bisa memantau anak agar mereka tidak sembarangan mengkonsumsi makanan yang akan berdampak pada gangguan kesehatan, salah satunya amandel.

Jika sudah terkena radang amandel sebaiknya jangan terlalu lama dibiarkan, karena dapat mengganggu kesehatan. Dokter biasanya menyarankan untuk diangkat, namun jika terkendala biaya dan karena alasan lain anda bisa mencoba pengobatan amandel dengan cara alternatif.

0 komentar:

Posting Komentar