Inilah Dampak Buruk Tidur Tidak Nyenyak Setiap Malam


Jika anda sering tidur tidak nyenyak setiap malam, kemungkinan besar anda akan mengalami beberapa masalah kesehatan.

Karena kurang tidur menyebabkan produksi hormon kortisol yang berlebihan, efek buruknya adalah anda akan mudah mengalami kecemasan, depresi atau stress. Banyak sekali orang yang sulit untuk terlelap di malam hari, sehingga pada saat pagi waktunya beraktifitas tubuh malah mengalami penurunan energi dikarenakan tubuh kurang waktu istirahat.

Penyebab dari kesulitan untuk tidur saat malam hari dapat diakibatkan oleh banyak hal, seperti insomnia, alergi, pilek, akibat perubahan sistem kerja bergilir. Tubuh yang lelah dan sering mengantuk disiang hari, membuat seseorang melewati waktu istirahatnya, sehingg ketika tidur malam akan selalu terbangunkan.

Tubuh kita umumnya membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam agar mendapatkan tubuh yang segar pada saat pagi hari. Namun bagi mereka yang kekurangan waktu tidur ini, banyak sekali akibat yang akan di timbulkan.

Mulai dari gangguan masalah kesehatan biasa, seperti badan lemas, gangguan mental, tidak bergairah dan hingga penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

Perlu anda ketahui juga, jika tubuh kekurangan waktu istirahat dapat berimbas buruk terhadap otak anda. Seperti gangguan ingatan atau mudah lupa. Ketika anda tidur dengan nyenyak, otak memproses dan memperkuat memori sehingga tidak mudah lupa. Namun sebaliknya, ketika anda tidak mendapatkan tidur yang nyenyak sepertinya ingatan anda tidak tersimpan dengan baik, karena adanya penurunan memori atau ingatan.

Selanjutnya, dampak buruk dari kekurangan tidur adalah lingkar mata menjadi hitam dan tumbuhnya banyak jerawat di wajah. Hal itu disebabkan oleh hormon kortiso yang di produksi tubuh berlebihan akibat kurang tidur, hormon ini akan memecah kolagen di kulit, yang akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit seperti terlihat kusam dan tidak cerah.

Untuk itu, jika anda memiliki gangguan pada saat tidur sebaiknya segera mencari solusi atau konsultasikan dengan dokter kepercayaan anda.

Posted by,
Ahlinya Pengobatan
www.ahlinyapengobatan.com

0 komentar:

Poskan Komentar